Bupati Klungkung Laksanakan Bedah Desa di Kusamba

  • 29 Februari 2016
  • Dibaca: 518 Pengunjung
Bupati Klungkung Laksanakan Bedah Desa di Kusamba

Hari Sabtu, 27 Pebruari 2016. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melanjutkan kegiatan Bedah Desanya. Kali ini yang menjadi sasaran kunjungan adalah dua desa pesisir di kecamatan Dawan yaitu desa Kusamba dan Kampung Kusamba. Kunjungan pada kedua desa ini   merupakan Bedah Desa yang kesembilan dan kesepuluh. Dalam acara ini Bupati didampingi Camat Dawan,Anak Agung Gd Wedana, SKPD terkait,FKPC Kecamatan Dawan,serta para Aparat Desa Kusamba.

Kunjungan diawali dari desa Kusamba. Desa Kusamba  terdiri dari lima dusun, yakni: dusun Bias,Bingin, Rame, Presatria dan Pande.   Kunjungan Bupati Suwirta diawali di Dusun Pande mengunjungi anak cacat, atas nama Ni Wayan Darma Astiti (6) yangmenderita cacat fisik  dan I Ketut Pange (55) yang menderita strokeakan dibantu Kasur dan bantal.  

Terkait potensi yang ada di desa Kusamba, Bupati dan rombongan  mengunjungi tempat pembuatan garam tradisional di dusun Rame,yang terdiri dari 19 kelompok. Dihadapan salah seorang petani garam, Dewa Ketut Candra, Bupati Suwirta menjelaskan rencananya  untuk mengkaji lebih lanjut pengolahan garam Kusamba menjadi garam beryodium,  agar layak dikomsumsi dan bisa dipasarkan di toko supermarket/ swalayan.

Selain garam tradisional, Instalasi Pengelolahan Air Limbah (IPAL) di Centra Pemindangan Kusamba  juga menjadi perhatian serius Bupati Suwirta. IPAL yang merupakan bantuan pemerintah Pusat tahun 2014ini dikelola Desa Adat Kusamba.  Karena terkendala biaya operasional, IPAL ini  tidak berfungsi dengan maksimal. Bupati Suwirta mengimbau Dinas terkait untuk mengkaji lebih lanjut.  Berdasarkan hasil Bedah Desa ini, secara umum Bupati Suwirta mencatat beberapa faktor prioritas untuk desa Kusamba seperti permasalahan kemiskinan, sampah, infrastruktur, garam Kusamba dan administrasi desa.

  • 29 Februari 2016
  • Dibaca: 518 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita