Warga Desa Kusamba Keluhkan Trotoar Jebol

  • 18 Januari 2015
  • Dibaca: 526 Pengunjung
Warga Desa Kusamba Keluhkan Trotoar Jebol

Warga Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung mengeluh. Trotoar di sepanjang jalan provinsi yang melintasi Desa Kusamba rata-rata sudah jebol. Beberapa warga setempat mengaku pernah terperosok ke dalam lubang dari trotoar hingga mengalami luka-luka.

Perbekel Kusamba Ketut Winastra, Minggu (18/1/2015), mengaku sudah pernah mengusulkan kepada pemerintah daerah. Namun, belum ada realisasi. Dulu dikatakan pernah ada perbaikan trotoar di sebelah timur dari kantor desa, tapi perbaikan trotoar itu malah menjadi temuan. Sehingga, tidak berlanjut ke sisi barat dari kantor perbekel. Jalur yang membelah Desa Kusamba ini dikatakan adalah jalan provinsi. Namun, status trotoar itu sendiri dikatakan belum jelas. Ia mengakui, kondisi trotoar khususnya dari sisi barat rata-rata sudah rusak. Sementara, lubang-lubang di trotoar itu dipasangi triplek bekas, untuk mengamankan atau mengantisipasi para pejalan kaki agar tidak terperosok lagi. “Kami tentu berharap yang rusak diperbaiki, kami tidak mau ada pejalan kaki jadi korban lagi,” katanya.

Kondisi itu belum lama ini sempat ditinjau pihak eksekutif, saat mengecek penanganan sampah di Desa Kusamba yang meluber hingga ke trotoar dan jalan raya. Untuk penanganan sampah, sudah diambil alih DKP Klungkung. Namun, untuk penanganan dari trotoar rusak, ia mengaku kurang tahu. Pihaknya berharap trotoar yang rusak disepanjang jalan provinsi itu, juga bisa diperbaiki.

Pelaksana tugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ketut Suayadnya mengaku masih mempelajari persoalan ini. Suayadnya mengaku belum terlalu mengenal tugas barunya sebagai pelaksana tugas Kadis PU. Meski demikian, pejabat Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan ini akan segera mengkoordinasikan dengan rekannya di Dinas PU, untuk menyikapi masalah ini. Sebab, jalur tersebut adalah jalan provinsi, besar kemungkinan menjadi tanggung jawab provinsi. Tidak hanya trotoar di Desa Kusamba, di beberapa wilayah lain juga banyak yang jebol. Seperti di dalam Kota Semarapura masih ada trotoar di beberapa jalan juga jebol dan belum diperbaiki.

  • 18 Januari 2015
  • Dibaca: 526 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita