Pantai Kusamba Yang Mempesona

  • 01 Juni 2015
  • Dibaca: 790 Pengunjung
Pantai Kusamba Yang Mempesona

Tak ada yang menyangsikan Bali terkenal dengan berbagai keindahan alamnya, terutama lautnya. Karena itulah, konon diluar negeri sana, banyak yang lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia sendiri sebagai negara. Hal ini sangat bisa difahami mengingat siapapun tentu sangat tertarik dengan keindahan alam, budaya, dan adat istiadat masyarakat Bali. Sebabnya, wajar saja jika mendiang Raja Pop Dunia Michael Jackson begitu kesrengsem dengan Bali dan berniat membelinya.

Pantai Kusamba

Nah, salah satu aset Bali yang sangat menarik dan menawan adalah Pantai Kusamba yang letaknya sekitar 7 km saja dari Kota Semarapura. Pantai Kusamba begitu didamba banyak orang karena keindahan dan panoramanya tak kalah dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Bali. Berpasir putih, suasananya  tenang, dan aman. Pantai ini juga terkenal dengan nelayannya yang begitu tangguh dan gigih dalam melaut. Juga, Pantai Kusamba terkenal sebagai lokasi pembuatan garam secara tradisional.

Para nelayan dan petani garam disini masih berpegang teguh tradisi menggunakan cara lama yang diajarkan secara turun-temurun oleh nenek moyang mereka, dalam hal bagaimana menangkap ikan di laut dan membuat garam. Wisatawan yang datang kesini dapat menyaksikan secara langsung para nelayan menangkap ikan di laut dan juga bisa melihat proses pembuatan garam yang terdapat di pinggir pantai.

Sepanjang Pantai Kusamba berjejer perahu cadik nelayan dan pondok-pondok tempat pembuatan garam dibawah pohon nyiur yang melambai-lambai ditiup angin sehingga memberi kesan yang mendalam. Selain itu pantai ini juga sering dijadikan tempat upacara keagamaan oleh penduduk setempat seperti kegiatan nganyut dalam rangkaian upacara ngaben.

Dimana Lokasinya?

Pantai Kusamba  terletak di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabuapten Klungkung. Kurang lebih 7 km ke arah timur kota Semarapura, Klungkung. Lokasinya sangat mudah ditemukan dan juga terdapat banyak angkutan mulai dari kendaraan sewaan maupun angkutan umum yang senantiasa stand bye untuk menuju ke objek wisata ini.

  • 01 Juni 2015
  • Dibaca: 790 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita